Harga emas masih menguat pada penutupan perdagangan hari Selasa (22/08)

Harga emas masih menguat pada penutupan perdagangan hari Selasa (22/08), terbantu pelemahan dolar AS dan imbal hasil Treasury AS. Fokus minggu ini tertuju kepada pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell dalam Jackson Hole Symposium pada Jumat ini. Ketua The Fed diharap akan memberikan lebih banyak isyarat mengenai jalur kebijakan moneter, dengan inflasi tinggi dan pasar tenaga kerja yang ketat berpotensi mengundang pandangan hawkish dari bank sentral. Dolar AS turun tipis terhadap mata uang utama lainnya, membuat emas lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun turun setelah mencapai level yang belum pernah terlihat sejak November 2007. Fokus sekarang beralih ke Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde dan Ketua Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole akhir pekan ini untuk membaca prospek suku bunga. Suku bunga yang lebih tinggi akan meningkatkan imbal hasil obligasi, sehingga membuat emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil menjadi kurang menarik. Penguatan dolar juga membebani sentimen logam, meskipun greenback turun sedikit dari level tertinggi dua bulan minggu ini. Hal ini memberikan sedikit kelegaan bagi harga emas. Data Gold Drivers menunjukkan data bervariatif dimana Dolar AS naik +0.27% terlihat akan memberikan sinyal negatif bagi emas. Sedangkan Crude Oil turun -1.37%, dalam hal ini memberikan penurunan bagi harga emas.

DISCLAIMER
Seluruh materi dan data di dalam web ini hanya bersifat informatif. Nasabah/pedagang jangan menggunakan laporan ini sebagai basis pengambilan keputusan investasi atau kegiatan transaksi apapun. Kami tidak bertanggung jawab sedikitpun atas segala konsekuensi yang ditanggung oleh Nasabah/pedagang yang mengambil keputusan investasi/trading setelah membaca laporan ini. Nasabah/pedagang dianjurkan untuk melakukan analisa holistik secara independen perihal dinamika pasar, industri, perekonomian terkini atau memperoleh saran investasi dari pihak tertentu yang berperan sebagai pakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perhatian!!!
Managemen PT. Rifan Financindo Berjangka (PT RFB) menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap beberapa bentuk penipuan yang berkedok investasi mengatasnamakan PT RFB dengan menggunakan media elektronik ataupun sosial media. Untuk itu harus dipastikan bahwa transfer dana ke rekening tujuan (Segregated Account) guna melaksanakan transaksi Perdagangan Berjangka adalah atas nama PT Rifan Financindo Berjangka, bukan atas nama individu.